Tuesday, February 18, 2014

Bromo, Januari 2014

Jumat 17 Januari 2014, seperti yang telah disepakati bersama, kami akan menggembel ke timur, Bromo.
Hari itu kami berangkat berempat, saya, aziz, angky dan gede. Awalnya plan saya yang buat. Ziz, mlaku-mlaku ngetan yoh, Bromo-Semeru | Ok, siap. | Ngajaki koncomu yoh, aku ngko ngajaki Choki mbek Bodong | Ok. Tapi akhir kita cuma ke Bromo aja, gak jadi camping-campingan di Semeru nya, lagi tutup soalnya. Ajakan sudah dilontarkan, saya ngomporin Choki sama Hadi (Bodong) temen kuliah saya, hasilnya nihil. Bini nya hamil muda, gak bisa ditinggalin. Repot juga kalau sudah berkeluarga ini, gak bakal bisa kemana-mana. Makanya saya bertekad harus banyakin jalan-jalan dulu sebelum kawin dan terkekang kayak mereka. hahahaha..becanda broo..

Saya gagal ngajakin temen, lain halnya aziz. Dia berhasil menghasut 2 temannya, 1 temen rumah (mas Angky) dan 1 lagi temen kerjanya (mas Gede). Positif, kami berangkat dengan personel 4 orang. Tiket kereta sudah dipesan. Namanya juga menggembel bro, kita make nya kereta ekonomi dong :)

Jadwal kereta berangkat pukul 21.30. Karena rumah aziz deket stasiun, kami kumpul dulu disana biar sama-sama nanti berangkatnya. Jarak tempuh rumah ke stasiun palingan 5 menit jalan kaki. waktu menunjukkan pukul 9 lewat beberapa menit. Saya mastiin lagi ke aziz, Ziz mangkat jam piro iki? Nang tikete jam 21.30 lho | Mengko jam 21.30 ae seko kene, biasane kretone telat | Ok. Dulu pas masih sering naik kereta emang suka telat berangkatnya ini kereta, apalagi yang ekonomi. makanya saya iya-iya aja pas aziz bilang gitu. Jam setengah sepuluh kurang kami udah ngumpul, Mas Gede dan Mas Angky juga udah siap. Jam 21.30 pas kami berangkat ke stasiun. Baru jalan beberapa puluh meter udah kedengaran suara Tuuuuuttt... (biasanya itu suara kereta mau jalan). Ndul keretane wes meh mangkat kae | paling kreto sing lagi teko kwi..| kata aziz sambil terus berjalan. 21.35 kami nyampe stasiun, dicek tiketnya sama petugas. Lhoh mas, keretanya baru aja berangkat. Ternyata dunia per kereta api an indonesia sudah ada kemajuan, ontime, bahkan untuk kereta ekonomi sekalipun. Ok, kami positif ketinggalan kereta dan harus beli tiket lagi untuk jadwal kereta yang berikutnya jam 01.00 dini hari. Akhirnya kami nunggu 3.5 jam di stasiun. Yowes gakpapa, trip must go on broo :)

Jam 1 lebih keretanya berangkat dari stasiun poncol semarang, perlahan tapi pasti ular besi bernama Matarmaja ini meluncur membawa kami ke Malang Jawa Timur. Sabtu 18 Januari 2014, sekitaran jam 10 kami sampai di stasiun Malang Baru. Kami bergegas, patokannya harus sampai Probolinggo sebelum jam 4, soalnya setelah jam 4 jarang ada elf yang naik ke cemoro lawang.

Ngisi perut dulu di warung padang terdekat. Abis itu lanjut naik angkot ke terminal arjosari. Nyampe terminal kami putuskan naik bis patas ke Probolinggo, pertimbangannya kalau naik yang ekonomi kelamaan nunggu nya, takut kesorean sampai probolinggo nanti. Bis pun meluncur, di dalam perjalanan kita sempet ragu, ini kekejar enggak elf nya. kalau gak kekejar bisa repot, pilihannya kita nyewa elf sendiri atau nginep di probolinggo. ini jelas kurang sip, bisa membengkak bugdet penggembelan kami. hahahaha.. Tapi semua keraguan ini terhapus ketika kami melewati tugu selamat datang probolinggo sekitaran jam 3 sore. tidak lama kemudian bis masuk ke terminal probolinggo. Aman, elf nya masih pada nongkrong di dekat terminal :)

Kami pun turun dari bis dan bergegas keluar terminal menuju tempat elf pada ngetem. Ada rombongan bule, sama 2 orang anak muda berpakaian necis. Ah paling 2 orang ini guide yang disewa bule-bule itu, pikir saya. Kata supir elf nya kurang 2 orang lagi, kami terpaksa nunggu dulu. hampir setengah jam nunggu ternyata gak ada tambahan orang. Tiba-tiba salah seorang bulenya nyamperin saya, trus ngomong panjang lebar ke saya. Intinya dia ngajakin patungan, masing-masing penumpang nambahin ongkos 5ribuan buat memenuhi kuota elf ini. Biar cepet berangkat, gak perlu nunggu orang lagi. Nah disini masalahnya, saya ngerti aja dia ngomong apa, tapi njawab nya bro.. setengah mati mikir kalimatnya. hahahaha.. Saya diskusi dulu sama rombongan saya, bukan diskusi tentang setuju atau tidaknya dengan ide si bule, tapi diskusi kalimat bahasa inggris yang benar dan sesuai grammar biar si bule ini  ngerti dengan jawaban kami. hahahaha.. Akhirnya rombongan yang lain sepakat dengan kalimat "Ok, I'm with you mister" :). Kami sampaikan ke supir elf nya, dia setuju dan kami pun berangkat naik ke cemoro lawang.

Perjalanan ke cemoro lawang, persis seperti yang diceritakan orang-orang. ciamik bro.. walaupun kadang elf meraung-raung nanjak dengan gigi 1, tapi pemandangannya di kanan kiri nya cukup menghibur. Perkebunan di lereng-lereng yang curam dengan sungai-sungai bersih di bawahnya. Natural abeess :)

Kebetulan saya duduk didekat bule-bule itu, mau ngajak ngobrol? jangan bercanda, saya gak mau pusing kayak yang dipangkalan elf tadi sore. Saya cuma nguping aja obrolan mereka. hehehe.. Dari pembicaraan mereka saya baru tau ternyata 5 orang bule ini bukan 1 rombongan. Mereka juga baru aja ketemu di pangkalan elf tadi. 1 orang dari turki, 2 orang dari perancis, dan 2 lagi dari jerman. Edan, kok bisa langsung akrab gitu mereka ya. Heran juga saya. Mereka cerita-cerita juga udah kemana aja travelling nya.. bla bla bla..banyak lah yang diomongin.. Ada 1 orang dari hongkong, dia menyendiri diem di belakang. 2 lagi dari Malaysia (yang tadinya saya kira tour guide bule), masih anak-anak kuliahan ternyata. Lucunya, salah salah satunya agak melambai, bawa tasnya aja model ngondek-ngondek gimana gitu. Mas Angky paling seneng nih sama yang ini. hahahaah.. pis mas bro.

Jam 5 lebih kami nyampe di cemoro lawang, kami langsung check in ke penginepan yang udah di booking sebelumnya. 200ribu buat ber4. lumayan lah klo buat singgah tidur aja. hehee.. Abis naro ransel di kamar, kami jalan-jalan bentar cek lokasi. Saya masih pake celana pendek, gaya-gayaan biar kayak bule-bule traveller. Alhasil, kedinginan. hahaahaa. Hari semakin gelap, cuaca semakin dingin menusuk tulang. Buru-buru kami balik ke penginapan. Mandi trus ganti pakaian yg tebel, jaket celana kaos kaki sarung tangan semua dipake. Tetep aja dinginnya masih kerasa. Makan malem kami di penginapan aja, sebelahan sama warung makan pemilik penginapan. Menunya macem-macem sih, cuma saya pilih nasi goreng aja. Standar. Awalnya saya agak underestimate sama nasi goreng di warung Mbah Kung itu (Mbah Kung, nama pemilik penginapan sekaligus warung tempat kami makan). Warung sepi gini, masa iya enak makanannya. Setengah jam kemudian nasi goreng pun jadi. Suapan pertama, wih lumayan enak ternyata nasi goreng buatan Mbah Kung ini. Gak kalah lah sama yang dikota-kota. Apa karena pengaruh cuaca dingin plus kelaperan ya? heheehee gak tau lah. yang pasti nasi goreng telur plus minuman jahe panas malam itu juara.

Selama kami makan ada calo jeep yang bolak-balik nawarin jasanya ke kami. Mas jeep 700 mas, kalo ojek 100/motor. Kami tawar 500 dia gak mau, tapi masih aja disitu nawar-nawarin. Akhirnya deal harga 600 untuk 4 obyek (penanjakan, kawah, bukit teletubbies dan lautan pasir), patungan sama 2 orang dari malaysia tadi, kebetulan mereka nginep di tempat yang sama, di tempat mbah kung. Jeep akan standby di depan penginapan besok jam 03.30. Abis makan malam kami coba keluar lagi, jalan-jalan lagi. Tambah dingin suhu diluar sana. Kami jalan sampai pos masuk awal kami beli tiket tadi sore, foto-foto bentar abis itu langsung balik ke kamar. Kami putuskan tidur cepet karena besok harus bangun setengah 4 pagi untuk berburu sunrise di penanjakan 1. Setengah 4 kurang saya udah bangun. Langsung ngebangunin yang lainnya juga. Tepat jam 03.30 kami berempat sudah siap berangkat. Jeep juga sudah menunggu di depan. Eh ternyata si ipin upin, duet maut malaysia ini malahan yang belum siap. Akhirnya hampir jam 4 kami baru berangkat. Jalanan menuju ke penanjakan sudah ramai. puluhan jeep mengantri di pintu masuk. Belum lagi motor dan kuda yang bersliweran, ada juga yang berjalan kaki. Sesuai namanya, jalan ke penanjakan memang benar-benar menanjak. Mobil hardtop/jeep memang jenis yang tepat untuk melibas lintasan ini.

Kurang lebih setengah jam perjalanan, kami sudah sampai di parkiran jeep di penanjakan. Untuk sampai ke spot sunrise penanjakan kami harus jalan kaki lagi sekitar 15 menit. atau bagi yang gak mau capek bisa naik ojek motor, 10 ribu kalo dari parkiran jeep. saya pilih jalan aja. itung-itung olahraga biar gak terlalu kedinginan. Sesekali saya selingi dengan berlari. Lumayan capek juga ternyata. Sekitar jam setengah 5an kami sampai di pos penanjakan, sunrise point of view. Udah rame aja disana, bejubel dengan ratusan pengunjung lain yang juga menunggu sunrise. Kami ber6 duduk-duduk aja disana, nunggu sunrise sambil ngliatin para pengunjung lain yang bersliweran. Waktu terus berlalu, jam tangan menunjukkan pukul 5 lebih. harusnya sunrise udah terlihat. Tapi ini masih gelap, cuma ada kabut. Wah, nampaknya kali ini kami tidak beruntung. Gagal melihat sunrise dai salah satu spot rterbaik di negeri ini. Ah, yasudah lah.. Lanjut saja ke obyek berikutnya.

Sebelum lanjut ke obyek berikutnya kami sempatkan beli gorengan buat mengganjal perut. Beberapa potong pisang goreng hangat jadi pilihan kami. Mas Angky juga sempat mampir ke tempat penjual kaos. Mau beli oleh-oleh buat pacarnya katanya. Tapi gak jadi, kaos yang udah dipilih-pilih ternyata gak ada yang cocok. Alhasil, kita cuma numpang foto pake kaos dagangan tadi (yang jual kesel kali ya, hahahah).

Berikutnya kami menuju kawah bromo. Lagi, kami harus jalan kaki dari parkiran jeep sampai ke kawah. Sebenarnya ada opsi naik kuda sih kalo gak mau capek. Tapi masa iya pake kuda, malu sama tampang lah, sangar-sangar gini masa gak mampu jalan, manja amat. Akhirnya kami pun sampai di bibir kawah dengan cukup ngos-ngosan. hahahaah. Sayang sekali kabutnya belum pergi. Tebalnya kabut cukup menggagalkan besarnya keinginan kami melihat isi kawah bromo. Kami foto-foto aja di bibir kawah situ. Gerimis yang mulai berjatuhan memaksa kami segera turun, bergegas menuju jeep untuk kemudian meluncur ke obyek selanjutnya, bukit teletubbies.

Kenapa disebut bukit teletubbies? Gak tau juga saya, mungkin karena bentuknya mirip bukit-bukitan di tayangan teletubbies, acara anak-anak yang sempat "in" beberapa tahun lalu. Puas foto-foto kami lanjut ke Lautan Pasir.

Jam 10, seperti kesepakatan awal dengan driver jeep, kami diantar kembali ke penginapan. Abis makan kami berkemas, bersiap balik ke Malang. Rencananya sih mau nginep semalem lagi di malang, sekalian muter-muter. Tapi mas Angky harus balik kerja besoknya. Jadi kami putuskan balik nanti malam. jam menunjukkan pukul 3 sore, kereta berangkat jam 8 malam dari Stasiun Malang Baru. Masih ada beberapa jam buat jalan-jalan di Malang. Kami sempatkan makan di sekitaran kampus Widya Gama. Kata mas angky disana ada belut goreng yang enak. Tapi ternyata pas kami nyampe sana warung belut goreng nya belum buka, bukanya abis maghrib. Yowes, kami beralih ke warung penyet di deket situ. Ada kejadian unik pas pesen menunya. Bapaknya yang jual nanya, Berapa mas? | 4 pak. Memang kami ber4 aja kan. Eh, bapaknya nanya lagi, Berapa mas? (sambil pegang cobek) | 4 pak, kan kami barusan bilang | bukan berapa porsi mas, ini cabe nya berapa? Baru tau ada penyetan model begitu, sambelnya ada opsi berapa cabe yang kita inginkan. Coba saya bilang minta cabe sekilo, bisa bangkrut bapaknya yang jual. hehehee..
Abis makan kita singgah bentar ke Bunderan Tugu Malang, depan balaikota.

Udah hampir jam 7 malem, kami balik ke stasiun. Jangan sampai ketinggalan kereta kayak pas berangkat. Satu jam kami menunggu, kereta akan segera diberangkatkan. Jam 8 saya aziz dan mas angky naik kereta balik ke semarang, sedangkan mas Gede mau maen dulu ke tempat temannya, dia ada temen di Malang. Sampai disini dulu catatan kami ke Bromo, foto-foto lain disusul kan besok aja, udah ngantuk ini. hehehe.. Next trip belum tau, belum direncanakan tapi akan segera direncanakan :)

Someday I'll be back, Thank you Malang :)

1. wowowo bromo nyook.. asik asik
    aq kapan diajak bray...

1. awakmu tak jak terus bray..tp rak tau gelem ;p

2. Wah.. temapat yang dari dulu ingin dikunjungi :)

1. Silakan dikunjungi gan, moga-moga dapet salah satu sunrise terbaik di negeri ini :)