Wednesday, October 16, 2013

Old School Mates

Jadi ceritanya malam ini saya libur dulu dari rutinitas bermain game, demi ngapdet blog keren ini :))
Nulis apa enaknya malem ini yaaa.. Cerita masa sma kayaknya seru juga. hehee

Saya sekolah di sma terbaik di karesidenan tempat saya dilahirkan, karesidenan pati, catet ya, se-karesidenan pati. itu artinya ini sma terbaik seantero pati-kudus-jepara-rembang-blora (sombong pol, hahahahaaa). iyaa, memang dalam sudut pandang beberapa orang bisa sekolah di sma favorit adalah hal yang biasa. Tapi bagi saya, anak desa yang lahir dari keluarga petani sederhana adalah semacam sejarah bagi hidup kami. Dari 300an siswa smp tempat saya belajar, cuma 20 orang yang masuk sma ini (temen sma saya pasti tahu 20 orang ini). Gak banyak yang tahu kalo raport terakhir saya adalah 3 besar dari 20 orang tadi (sombong lagi.. hahahahaa). Ya soalnya cuma sampe segitu aja yang bisa saya sombongkan dari prestasi sekolah saya karena abis itu tinggal yang bagian ancur-ancurnya aja. hahaahaaa

Pertama kali saya masuk di sekolah ini, tepatnya pas pendaftaran, sumpah saya kagum banget. Bangunan bergaya arsitektur Belanda dengan 2 lantai berdiri dengan megahnya. Konon ini bangunan SMA bertingkat pertama yang dibuat di kabupaten ini. Saya daftar dianterin bapak saya. Terus terang, saya juga baru liat sekali ini sekolahnya. jangankan tahu tempat pendaftarannya, maen ke pati kota aja saya gak pernah. hahahaa.. Singkat cerita saya pun diterima. Oiya, berhubung jarak rumah saya jauh dari sekolahan, saya dititipkan ke tempat sodara yang kebetulan tinggal di pati kota, Parenggan. padahal gak deket-deket amat dari sekolahan itu rumah sodara saya, masih 3 kiloan juga jaraknya. Yah namanya saya nurut orang tua, dititipkan dimana aja saya siap. hehehe.. Tiap harinya saya ke sekolah naek sepeda barengan sama 2 temen yang berasal dari smp saya tadi. 

Di sekolahan saya mulai kenalan sama temen-temen baru. macem-macem asalnya, dari semua penjuru daerah ada, tapi kebanyakan temen sekelas saya dari smp 3, smp terfavorit sekabupaten. Gak tau kenapa, kami langsung membaur gitu aja. saya pun dapat kenalan-kenalan baru. Romi, teman sebangku saya pertama kali. anak smp 3. Dia banyak ngasi tau siapa-siapa aja yang dari smp nya. Waktu itu saya sedang semangat-semangatnya ngikutin berita bola. Si romi ini agak gak nyambung kalo diajakin ngobrol masalah bola. jadi saya putuskan untuk cari temen sebangku yang sealiran, yang suka bola. Cipto, bocah ceplas-ceplos asal Runting yang jadi temen sebangku saya selanjutnya (sampe kelas 2). saya juga deket sama temen-temen yang dari smp 3, sampe ada temen dari kelas lain yang nyangka kalo saya dari smp 3 gara-gara sering kumpul mereka. Terus terang saya lebih klop kumpul sama anak-anak yang dari smp 3 daripada yang dari smp saya sendiri. soalnya saya gak terlalu deket juga pas smp itu. Genk kumpulan saya pas smp gak ketrima masuk di sma ini :(

Di jam olahraga kami selalu maen bola bareng, mungkin gara-gara itu juga kami jadi cepet akrab. Cipto, topek, paul, agus, bruno, foxil, anggah, ulir, fian, bian, aziz, windu adalah 1 tim komplit kelas saya, 1-5. plus saya lah pastinya. hahahaa. Selama dua tahun saya menempati posisi favorit saya, gelandang bertahan. kenapa gelandang bertahan? soalnya skill saya pas-pasan, susah gocek-gocek bola trus suka lepas juga kontrolnya. jadi kalo pas dapet bola terus lepas masih aman, masih ada bek. hahahaaa..
Sama cipto jelas saya sudah akrab duluan, orang kita sebangku. sama-sama sableng nya. Baik buruk kelakuannya sampe saya hafal. Salah satu sahabat saya yang paling solider dan apa  adanya. Jeleknya ini anak gampang emosian. Mungkin ini ada hubungannya sama tempat tinggalnya, Runting, daerah yang cukup disegani karena tindakan anarkisnya. hahaaa..

Topek sama fian, mereka yang pertama kali maen ke tempat saya di Parenggan. Mungkin mereka penasaran kok ada anak sekolah yang model  dititipkan dirumah sodara kayak saya. hahaa. Sebelumnya saya udah kasih tau kalo rumahnya di gang belakang hotel yang depannya ada pos kampling nya. Waktu itu belum ada hape. Jadi ya masih modal nebak-nebak aja itu nyari alamat. tok tok tok..assalamualaikum,, topek dan fian ngetok pintu rumah. Gak lama yang punya rumah keluar (mbah saya). saya juga denger sebenernya, cuma belum tau kalo itu temen-temen saya yang dateng. ~Cari siapa mas? *tanya mbah. | Heru nya ada mbah? | Heru siapa ya? disini gak ada yang namanya heru mas, kalo tanto ada. Mbah saya gak tau kalo nama lengkap saya heru hartanto. hahaa.. Saya cekikikan dikamar. Lalu saya keluar menemui topek sama fian. kita ngobrol-ngobrol bentar. Malam itu malam minggu. Malamnya anak-anak muda pada hang out lah kalo bahasa anak sekarang. hahaha..

~ayo metu doy, ndelok simpang. rame iki nek malem minggu | wah aku rak enak mbek mbahku nek metu bengi | wes rapopo sekali-sekali, ngko sak durunge jam 9 dewe balik. Saya pun memberanikan diri minta ijin ke mbah. Sepanjang masa remaja saya, itu pertama kali saya keluar malam buat maen sama temen. Itu juga pulangnya gak lebih dari jam sembilan. Sebelumnya saya keluar malem cuma kalo pas ke warung beli obat nyamuk aja. hahahaa
Kami bertiga pun meluncur ke simpang 5. Saya masih inget betul, waktu itu naek motor fian, honda astrea grand hitam. 1 motor ropel 3. Sampe simpang 5 kami cuma muter-muter aja, terlalu rame waktu itu. Gak ada tempat buat nongkrong. sampe 3 kali kami muterin simpang. ~Ki tak puterke ping 3 doy, durung tau to kw? *kelakar topek. Kami pun tertawa ngakak bareng. hahaaa. Habis itu kami cari tempat makan. ~Sego goreng enak iki ketoe. Lanjut makan nasi goreng sambil ngobrol-ngobrol. Agak lamaan di tempat nasi goreng, udah hampir jam 9. Abis bayar makan, kami langsung pulang. Topek dan fian yang mbayarin makan saya. Kok pada tau kalo saya gak punya duit ya? hehee..

Bruno, temen unik saya dari pelosok pucakwangi. Jelas, daerahnya jauh lebih ndeso dari tempat saya. Ini saya tau gara-gara dia sering cerita, harus naek sepeda 10kiloan lebih untuk sampe ke jalan raya. Dia ini dititipkan juga sama orangtuanya. Bedanya, bruno dititipkan di rumah guru yang ngajar disekolah kami, dan disana dia "nyambi" bantu-bantu kerjaan rumah si bu guru tadi. Saya lebih beruntung, gak perlu nyapu dan ngepel rumah tiap hari seperti yang dilakuin bruno. Biar begitu kami lumayan akrab, mungkin karena sesama anak kos, sesama anak desa. hehee. Kalo hari minggu saya sering main ke tempat bruno ini, sekedar maen dan ngobrol-ngobrol, kadang juga nonton Dragonball bareng. Dia hobinya memang cerita, ngobrol ngalor ngidul istilahnya. Kalo udah gitu saya mah dengerin sambil iya-iya aja. Kalo musim ujian semester, dia andalan saya. hahahaa

Paul, sahabat saya asal semirejo gembong. awalnya kami akrab gara-gara dia sering nebeng sepeda saya kalo pas kita papasan dijalan kalo berangkat sekolah. sampe pulang sekolah dia ikut lagi. ~Lah omahmu kan gembong, kok melu aku mas paul? dia mau ikut sampe ke pondok, searah dengan jalan saya. ternyata dia lagi pdkt sama temen smp saya, inisial EH, yang tinggal dipondok yang sering saya lewati tadi. hahahah ya ya yaa.. paham-paham.. Kami sekelas sampe kelas tiga. sampe lulus, kami cari tempat kuliah bareng. dari spmb di semarang sampe tes stan di jakarta. Sebelum tes stan di jakarta saya nginep di rumahnya di gembong, saya lumayan terharu juga ketika kami mau berangkat tes dia sempatkan untuk minta doa restu ke eyangnya, bibinya dan kedua orang tuanya tentunya. Senakal-nakalnya paul, dia tetap patuh dan hormat ke orang tuanya. Salut.

Aziz, sahabat saya dari selatan, sitirejo tambakromo tepatnya. pas kelas 3 dia ngekos bareng saya di puri. temen saya menjalani kebodohan-kebodohan selama di kelas 3. hahahaa.. Disaat yang lain sibuk les untuk persiapan ujian nasional, kita mah mbolos, pergi maen ps. Cita-citanya waktu sma jadi apa coba? jadi guru. Disaat yang lain pengen kuliah di stan, di ugm, UI, ITS, dia cuma pengen kuliah di unnes dan menjadi guru matematika lalu mengajar di smp tempat dia belajar dulunya. Cita-cita yang saya anggap aneh waktu itu. Tapi sekarang saya tau, bahwa cita-cita adalah soal passion. dan bagi saya sekarang, sahabat saya aziz pantas disebut sukses. Karena dia berhasil meraih cita-citanya, menggapai apa yang sudah menjadi passion nya. Lurus persis seperti yang dia cita-citakan waktu sma. Gak kayak saya. heheehe (inget tulisan saya yang judulnya Cita-cita)

Sebenernya masih banyak lagi temen-temen sma saya belum saya tuliskan ilustrasinya disini, yang lucu-lucu yang aneh-aneh. Ulir, bian si anak baik, agus ketua kelas, anggah si bocah PS, pipit, gunita, yossi, sinta tempat saya minjem catetan sama PR, lelly patner nyontek pas ujian, erna patner sebangku pas kelas 3, er-pe, icha, windu, susi bersaudara, duh masih banyak dah pokoknya. Semua orang pasti sepakat kalo waktu sma adalah masa-masa terindah, walaupun kadang yang terindah itu belum tentu yang baik. heheee

Beberapa dari kami masih saling kontek, beberapa lagi mungkin sibuk dengan dunianya. Di hari lebaran kami masih sering ngumpul di rumah cipto di runting, agenda rutin kami sejak dari lulus sma 2004 lalu. Topek sering nanya, kalo udah pada berkeluarga kita masih bisa ngumpul kayak gini gak ya. Kalo saya pribadi, saya pastikan masih. Akan selalu ada waktu buat sahabat-sahabat saya. Sampe kapanpun.

Kata psikolog, jika persahabatan berlangsung lebih dari 7 tahun, maka persahabatan itu akan berlangsung seumur hidup. Dan saya setuju dengan pendapat ini :))

5 comments:

  1. i miisssssssssss U miisssssssssss U soooo muuuucch bradeeer, kita udah 7 tahun lebih lohh

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah 12 tahun lebih brader, bersiaplah menjaga persahabatan ini sampe anak cucu kita nanti :))

      Delete
  2. Semoga langgeng dunia akhirat yaa :)

    ReplyDelete