Sunday, October 13, 2013

Sepenggal Cerita Bola

Minggu ini lagi heboh-hebohnya sepakbola di Indonesia. Timnas U-19 lolos ke putaran final Piala Asia, prestasi yang baru 3x ini terjadi sepanjang sejarah persepakbolaan kita. Ya, negara kita memang penggila olahraga dengan 11 lawan 11 pemain ini. Tidak terkecuali saya, yang masih berharap pembinaan pemain muda kita sebagus akademi-akademi di eropa ( hahahahaaa.. mimpi kali yeeee).

Saya mulai kenal bola sejak duduk bangku sekolah, TK lebih tepatnya. Bahkan saya pernah nyesel masuk SD duluan karena pas saya udah di SD kelas 1, temen-temen saya yang masih di TK diajak tanding bola lawan TK desa sebelah. Coba saya masih di TK, saya pasti ikut maen bola bareng mereka. Di kampung saya susah kalo mau maen bola soalnya gak ada lapangannya. Terus, cuma dikit orang-orangnya yang minat sepakbola. Olahraga populer di desa saya waktu saya kecil adalah bola volly. Kalo sore saya bawa bola ke lapangan volly, saya ajakin temen-temen saya maen sepakbola dilapangan itu. itu juga paling 15 menit, abis itu pasti diusir sama anak-anak yang lebih gede soalnya mereka mau maen volly. Kalo udah gitu mau gak mau kita harus pindah, maen ke sawah yg abis di panen. maen bola di sawah yang habis dipanen itu gak mudah bung. pulang pasti bawa oleh-oleh kaki lecet semua (namanya dikampung, sepatu bola ya belum ada. hahahaa). Udah gitu sampe rumah dimarahin lagi.. Kenopo sikilmu le? bal-balan ng sawah mesti? Wes dikandani ###!???$$$$.. saya dengerin sambil ngambil handuk trus mandi. hehehehe...

Waktu SD saya cuma suka maennya aja, belum tahu klub, pemain, liga, dan info-info seputar dunia sepakbola lainnya. Baru di Piala dunia 1998 saya baru agak ngikutin. Itu juga gara-gara sering nonton berita olahraga di TVRI kalo sore habis magrib gitu (lupa nama acaranya). Brazil adalah jagoan saya waktu itu. Saya masih ingat Romario yang nangis bombay gara-gara gak bisa masuk skuad Brazil karena cedera. Tapi aman, masih ada Ronaldo, Bebeto, Leonardo dan Rivaldo dilini depan. sayang sekali Brazil kalah di final lawan Perancis. Sampai sekarang saya masih heran kenapa Brazil bisa bermain seburuk itu di final.

Masuk SMP wawasan bola saya agak ada kemajuan. Mungkin gara-gara bergaul sama maniak-maniak bola. yang mengukir logo tim favorit mereka di meja sekolah, yang rela menyisihkan uang saku mereka demi membeli tabloid bola, sepatu bola dan kaos bola. Saya belum memutuskan jadi tifosi tim apa waktu itu, masih cuma sekedar ikut baca-baca aja. Saya suka Inter, gara-gara maen PS menangan kalo pake inter. hahahaha.. tapi saya putuskan membela AS Roma ketika Batistuta hijrah ke tim ibukota italia itu di tahun 2000. Batigol, pemilik tendangan geledek dari fiorentina, gabung bareng Totti dan Montela, pasti Roma bakal juara. Begitu kira-kira prediksi saya waktu itu. Dan bener, 2001 Roma scudetto. Gak sia-sia saya pajang poster AS Roma di kamar saya. hehehee

2001 saya masuk SMA. Roma udah kurang menarik lagi permainannya, udah mulai kalahan. Saya balik lagi memantau inter. Temen-temen SMA saya beda-beda tim andalannya. Cipto, temen sebangku saya romanisti. pernah saya cerita kalo saya ada posternya dirumah. kalo mau besok tak bawain pas aku pulang. Poster Roma itu pun ditempel di kamarnya. Topex juventini. Paul milanisti. Iya, Liga Italia masih yang paling menarik waktu itu . Kami selalu ribut pas hari senin, membahas pertandingan di akhir pekan sebelumnya. Ceweknya gak kalah ributnya kalo masalah bola, pipit, susi wulan, tapi mereka sukanya liga sebelah (liga Inggris). Liverpool adalah tim mereka (paling juga gara-gara ada Owen, hahahaha..).  Tapi enaknya kalo hari selasa sama jumat gratis baca tabloid Bola di sekolah, mereka yang sering beli. Kita yang cowok-cowok mah nebeng baca aja. hehee..

Saya herannya kenapa tim andalan saya, Inter, selalu kalah di pekan-pekan terakhir. padahal mereka selalu memimpin di tengah musim. 2001-2002 , 2002-2003 Juve juara, 2003-2004 Milan juara. Dan saya akhirnya tahu. ternyata mereka terlibat calciopoli, pengaturan skor. zzzzzzz...

Mulai masuk kuliah saya mulai jarang ngikutin bola. Gak sefanatik kayak waktu SMA lah. Mulai males, gara-gara inter gak pernah juara. saya memantau dari jauh aja, curi-curi pandang aja gitu. hahahahaa.. Kurang saya perhatikan eh si inter malah juara terus, sampe bosen, pernah treble lagi. Scudetto, Copa sama juara Champion di 2010. Mantapnyaaa.. Saya turut senang.  Habis itu, paling saya nonton bolanya kalo ada bigmatch aja. Bigmatch-bigmatch liga champion biasanya. saya bukan fans liverpool, tapi di final champion 2005 saya rela dukung mereka. Waktu itu liverpool ketemu ac milan di final. Alasannya sederhana, Milan musuh bebuyutan inter di liga, dan mereka udah juara 2 tahun sebelumnya. Lagipula, kasian liverpool, itu satu-satunya harapan tropi yang bisa mereka dapatkan. hahahahaha.

Sampai sekarang saya gak lagi fanatik ke satu tim sepakbola. Bukan karena gak setia ke satu tim atau bagaimana, saya cuma lebih ingin menikmati permainannya aja. yang menghibur lah. saya lebih kayak menjagokan tim mana yang kira-kira juara. misal di liga inggris, saya masih dukung MU tapi kayaknya arsenal pantas juara. Di italia, saya dukung Inter walaupun sepertinya Napoli dan Roma punya kans lebih besar buat jadi scudetto tahun ini. Di spanyol sepertinya masih dikuasai madrid dan barca. Liga champion selalu memberi kejutan, saya jagokan The Bavarian Bayern Munchen tahun ini.

Jadi, siapa jagoan kalian tahun ini? :))

0 comments:

Post a Comment