Sunday, December 15, 2013

Real Superman

Sabtu malam, 1998. Waktu itu saya masih kelas 6 SD. Malam minggu adalah waktu bermain sepuasnya bagi anak-anak seusia saya umumnya. Tapi lain halnya dengan saya, malam minggu adalah jadwal saya ikut menemani bapak ke tempat kerjanya. Kantor? bukan.. tambak, hehe. Iya ke tambak. Udah jadi kebiasaan saya dari kecil setiap malam minggu, kalau cuaca cerah saya ikut bapak saya ke tambak. Berangkat dari rumah abis isya, nanti subuh pulang. Ngapain ke tambak malem-malem? saya sih cuma pindah tidur aja. hahahaa. Bapak yang agak sibuk. Kalau udang udah usia 2-3 bulanan memang malemnya ditungguin. Dicek dulu muterin tambak, ada yang mati gak udangnya, pakannya gimana, airnya, pintu airnya. Abis itu baru agak nyantai, duduk-duduk sambil nyari lauk pake anco (jala yang dikasi tangkai bambu di 4 sisinya). Biasanya yang buat lauk ya udang-udang putih dan ikan. Kadang kalau beruntung ada juga kepiting nyangkut. Kalau udah dapet banyak sebagian dimasak disitu, sebagian lagi disimpen buat dibawa pulang besoknya.


Abis masak trus makan, biasanya saya tidur di gubuk tambak. Bapak saya muter lagi, ngecek tambak lagi. Malam itu cuaca kurang bersahabat. Padahal pas berangkat cerah-cerah aja. Pas jam 11an turun ujan lebat, disertai petir plus angin kenceng. Gubuk udah pada bocor waktu itu, dikit lagi ambruk ini kayaknya. Udah kita pulang aja, kata bapak saya. Jalanan tambak becek parah, sepeda gak mungkin lagi dinaiki. akhirnya sepedanya dituntun. Bapak saya jalan didepan, saya ngikutin dibelakang sambil berlindung dalam jas hujan bapak. Jalan ke rumah tidak sesingkat biasanya. Jarak tambak ke perkampungan ada sekitar 2 kiloan. belum lagi sampe ke rumah, masih 2 kilo lagi. Biasanya 20 menit naik sepeda juga dah nyampe ke rumah. tapi ini lagi ujan. jalan 2 kilo di area tambak, saat hujan lebat dan angin kenceng itu gak mudah. saya beberapa kali hampir jatuh. belum lagi kaki yang ambles-ambles di lumpur. Belum lagi petirnya. Udah mau nyerah aja rasanya, capek. tapi saya paksa jalan terus. Akhirnya sampai juga di kampung. Kami pun mampir ke tempat sodara yang kebetulan rumahnya di pinggir kampung situ, numpang cuci kaki sama bersihin sepeda dari lumpur. Udah sampai kampung jalannya udah lumayan, sepeda bisa dinaikin. Lalu kami lanjutkan perjalanan pulang ke rumah.

Udah gede ini baru mikir, kehujanan sekali gitu aja udah mau KO saya. Padahal bapak saya udah puluhan tahun menjalaninya, bahkan mungkin untuk keadaan yang lebih sulit daripada itu. Demi apa? Demi memenuhi tanggungjawabnya pada keluarga, demi membesarkan saya, adik-adik saya. Demi mewujudkan mimpi besarnya untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Supaya anak-anaknya tidak perlu mengalami kesusahan seperti yang dialaminya dulu. Setiap kali saya mengingat perjuangan orangtua saya, berat rasanya kepala ini. Saya hanya bisa menunduk tanpa ada yang bisa disombongkan. Jatuh bangun saya selama ini bukan apa-apa dibanding kerja keras mereka. Sungguh, saya merasa sangat kecil. Bagaimana saya membalas setiap tetes keringat dan air mata mereka? Bagaimana? Ibarat hutang, mungkin ini hutang yang tidak akan pernah bisa dilunasi oleh manusia. Hutang kasih, seorang anak kepada orangtuanya.

Satu hal di dunia ini yang paling saya benci adalah anak yang berani melawan orangtuanya. Bahkan ketika orangtua kita salah, kita tidak berhak menentangnya. Masih ada cara-cara yang baik untuk meluruskan hal itu pastinya. Orangtua yang membesarkan kita dengan susah payah, yang kadang sering kita lupakan. Sering kali sibuk dengan kerjaan kita, sibuk bergaul dengan teman-teman kita, sibuk memuaskan ego kita. Dan parahnya, saya belum bisa berbuat apa-apa untuk mereka, membahagiakan mereka. Mudah-mudahan kita masih diberi kesempatan untuk berbakti kepada orangtua kita, membahagiakan dan mendoakan orangtua disetiap hembusan nafas kita. Aamiin.

2 comments:

  1. OooOooO soo sweet bangeets my bro ini...

    iyo bray ngelengi wong tua banting awak sampe remuk iku yo go anak2e...
    mugo2 kene iso dadi anak sing bakti lan sholeh

    ReplyDelete