Saturday, November 2, 2013

Bagaimana Bahagia

Suatu hari di Samarinda. Saya dan teman-teman kerja lagi ada training K3. Ada yang tau? yaa.. training K3 itu kira-kira training tentang kesehatan dan keselamatan kerja. 5 hari kami training, dengerin orang ceramah dari jam 8 sampai jam 5 sore. Capek, suntuk, pusing jadi satu. Udah kayak anak sekolah aja, lebih parah malahan. pagi sebelum diajar dikasih pretest dulu, mau pulang dikasih soal lagi. kadang dikasih PR juga. Begitu terus tiap hari dari hari pertama hingga hari ke 4, hari kelimanya kami ujian. temen-temen pada stres, saya juga merasakan hal yang sama. habis ujian dihari kelima baru agak tenang. malemnya temen-temen sepakat cari hiburan bareng. Saya juga diajakin tapi sebelumnya saya nanya dulu.

Ini mau kemana? | ke Muse (nama tempat entertainment center di depan hotel kami) | yaelah mau pada mabok pasti ini. Duluan aja lah, saya mau tidur aja, gak enak badan ini. | Ayo lah bro, udah semingguan kita pusing belajar, saatnya hepi-hepi ini. Hepi-hepi mata ente. dalam hati tapi. hehehe.. kau harus nyoba sekali-sekali masuk tempat ajeb-ajeb bro, nikmati aja suasananya, pasti kau suka. banyak ceweknya bro. Si X aja dulu ikut masak kau gak ikut. Bodo amat dah, mau si X pernah ikut kek, mau ustad pada ikut kek, saya gak suka tempat-tempat begituan. bukan nya sok suci sok jaim atau gimana. emang dasarnya saya gak suka aja. Tempat rame gelap banyak asap rokok, banyak orang pada mabok gak jelas, musiknya juga gak karuan. Ini jelas bukan tempat yang membuat hati saya hepi. Mendingan juga saya diem dikamar hotel, nonton tipi sambil makan kentang goreng. Enak kan, santai, sepi, perut kenyang. lhah kalo dugem? hepi nya gak dapet, nyesel pagi nya iya. kenapa nyesel, lhah duit jutaan dibuang gak jelas dalam semalam aja gimana gak nyesel. Fyi aja ya, bagi yang gak pernah maen ke tepat ginian, semalam aja kalo ente minum ditemenin ladies, ya minimal 3 jutaan duit ente lewat. Ini cerita temen-temen saya. standartnya ya segitu lah, normal ini. Gak mungkin kan ente masuk ke tempat dugem cuma minum aer putih terus nongkrong doang sampe pagi? belum lagi kalo udah pada sange trus pengen check in bawa ceweknya, tambah ruwet dah. Naudzubillah.. mudah-mudahan saya masih dijaga dari yang begini-beginian. Beruntunglah temen-temen yang kehidupannya jauh dari hal-hal seperti ini.

Dari cerita diatas saya tidak bermaksud mencela tabiat mereka, itu hak mereka untuk melakukan apapun dalam hidup mereka. saya lebih ingin membahas tentang apa yang bisa membuat seseorang bahagia. Kalo anda bahagia dengan kehiduapan malam itu, sok, silahken, hak anda untuk mendapatkan kebahagian itu. Masalah moral dan dosa mah urusan anda dengan tuhan anda. Tapi itu bukan berarti mengajak saya bahagia dengan memaksa saya untuk mengikuti cara-cara bahagia versi anda kan? Kebahagian saya ya melakukan hal-hal yang memang ingin saya lakukan, bukan ajakan orang lain. Kalo pun saya pernah menuruti ajakan orang lain, itu bukan karena saya suka tapi karena saya tidak ingin mengecewakan anda sebagai teman saya (tapi ini saya milih-milih juga kali bro). Sering saya diajakin teman saya buat menemin makan di acara kontraktor. sebenernya saya males karena gak kenal juga sama kontraktornya, tapi tetep saya mau menemin. kalo makan doang mah gak ada salahnya kan ya.

Dibanding temen-temen yang lain memang sepertinya saya agak beda sendiri. Yang lain suka dugem, saya lebih suka diem tidur dikamar. Yang lain suka jalan di mall, saya paling malas ke mall kecuali emang ada sesuatu yang perlu di beli dan adanya cuma disana. Gak habis pikir saya, kok bisa mereka enjoy makan di mall yang diliatin orang-orang lewat gitu ya? trus nongkrong di mall, ini saya belum ketemu enjoy nya di mana. Disaat yang lain sibuk hang out dan bertaburkan hedonisme perkotaan, leyeh-leyeh di gubuk tengah sawah di sore hari, menikmati hembusan angin sambil memandang hamparan sawah dan menunggu matahari terbenam adalah cara hepi-hepi yang saya pilih. Dulu saya sempet berpikir, kok saya lahir di desa ya, jauh dari mana-mana, kalo ada orang nanya aslinya mana mas? pati pak, tayu.|  pati itu mana ya, tayu itu mana. Kesel juga saya. coba saya lahir di kota, semarang misalnya, kan enak saya jawabnya. Tapi beda sekarang, saya bangga jadi anak desa, saya bangga lahir di tayu, di pati. Apa coba gambar legendaris yang dibuat orang-orang saat mereka masih kecil, dan disuruh gambar pemandangan sama guru mereka? Gambar terfavorit mereka adalah gambar 2 gunung dengan matahari di tengahnya, ada burung-burung, ada jalan di tengah ke arah gunung itu, ada sawah dikanan kiri nya, ada rumah kecil di dekat sawah-sawah itu. You know what? itu pemandangan di desa saya bos, dikampung halaman saya. pemandangan yang cuma bisa kalian gambar diwaktu kalian masih TK. Pemandangan yang kadang kalian bayar mahal hanya sekedar untuk bisa menikmatinya, bisa saya nikmati dari saya lahir hingga saat ini. How lucky I am.

Ya, saya bangga jadi anak desa, saya suka melakukan hal-hal sederhana yang membuat saya bahagia. walapun kadang dianggap cupu, kampungan sama orang-orang mah saya gak peduli. Cupu ni anak gak pernah dugem, gak minum, gak pernah maen cewek. Bodo amat. Emangnya ente gaul kalo dah bisa begitu? udah keren atau gimana? just remember guys, ada yang memang bisa hepi dengan hedonisme nya, ada juga yang hepi cukup dengan hal-hal sederhana. Intinya adalah setiap orang berhak memilih jalan apa yang bisa membahagiakannya.

1 comment:

  1. mantap... perjuangkan keteguhanmu kawan tuk mejaga dirimu

    ReplyDelete